Minggu, 26 Mei 2013

Etika Menggunakan Komputer

Pada saat penggunaan komputer dan internet semakin meningkat. Banyak masyarakat yang menggunakan  komputer  bukan hanya dari kalangan orang2 dewasa saja, bahkan anak kecil saat ini pun sudah bisa menggunakan dan mengakses komputer. Tujuan mereka memang berbeda kebanyakn orang dewasa menggunakan komputer untuk menyimpan file2 pekerjaan mereka dan mencari informasi2 melalui internet, sedangkan anak2 dibawah umur banyak menggunakan komputer untuk bermain game, mendownload lagu, dll. Dan saat ini banyak sekali orang yang kecaduan dengan komputer dan itu juga terjadi pada anak2 yang msih dibawah umur.
Komputer ada sisi negatif dan sisi positifnya  juga tergantung kita menggunakannya seperti  apa. Penculikaan dan pemerkosaaan adalah dua dari beberapa sisi negatif dari komputer yang saat ini sering terjadi pada anak2 dibwah umur. Oleh sebab itu agar hal tersebut tidak terjadi sebaiknya dalam menggunakan komputer kita harus memahami etika berkomputer dan ber-internet yang baik.

Etika komputer sebagai berikut:
  • Jangan memakai komputer bukan miliki sendiri. Contohnya jika kita ingin menggunakan sebuah komputer yang bukan milik kita sebaiknya meminta izin terlebih dahulu kepada pemiliknya.
  • Tidak  menggunakan komputer untuk merugikan orang lain. Contohnya menyebarkan virus pada komputer-komputer orang lain dan merusak sistem keamanan orang lain.
  • Tidak menggunakan komputer untuk menyebarkan berita-berita palsu. Misalnya menyebarkan berita-berita bohong dan menyebarkan nama seseorang  yang dapat merugikan orang lain atau bisa dikatakan dengan penyebaran nama baik.
  • Tidak mengambil dan merusak file-file seseorang yang bukan hak kita. Contohnya kita memakai komputer seseorang dengan tujuan mengambil atau merusak file atau laporan-laporan penting orang tersebut,dan hal ini dapat merugikan seseorang  dan dapat merugikan pekerjaannya.
  • Tidak mudah merespon orang lain yang tidak dikenal saat menggunakan komputer. Contohnya: dalam menggunakan komputer pasti kita akan banyak menjumpai orang yang kita kenal dan yang tidak kita kenal,jika kita menjumpai seseorang yang tidak kita kenal mengajak kita untuk bicara sebaiknya kita tidak terlalu merespon orang tersebut dan mempertimbangkannya agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.
Inilah beberapa etika yang harus dilakukan dalam menggunakan komputer. Etika bukan hanya diterapkan pada kehidupan sehari-hari dan dalam pekerjaan, tetapi etika juga  harus dilakukan pada orag-orang yang menggunakan komputer. Dan jika seseorang pengguna komputer dapat menerapkan etika-etika diatas maka dapat dipastikan mereka akan merasakan kenyamanan dan keamanan dalam menggunakan komputer dan bisa lebih menyenangkan.


Demikian artikel ini saya buat semoga bermanfaat. amin

Referensi : Aura Alam (2013), 10 Etika dalam Menggunakan Komputer dan Internet, http://difalovers.wordpress.com/2013/05/13/10-etika-dalam-menggunakan-komputer-dan-internet/, 26 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar