Minggu, 26 Mei 2013

Etika Information Service Providers (ISP)

Secara umum internet services provider atau ISP adalah mereka yang terlibat dalam penyelenggara jasa internet yang sering juga disingkat dengan istilah PJI. Perusahaan atau organisasi ini menyediakan jasa layanan koneksi akses internet baik untuk perorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri sejauh ini telah berdiri beberapa internet service provider, beberapa contoh ISP yang ada di Indonesia, antara lain adalah Telkom Speedy, SmartFren, Indosat dan lain sebagainya.
Fungsi dari ISP itu sendiri yaitu:
  • Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
  • Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
  • Menyediakan modem untuk dial-up.
  • Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
  • Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
  • Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
  • Memberi tempat untuk homepage.
  • ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

Banyak ISP menganggap dirinya hanya "pipa" untuk pelanggan mereka dan
tidak memiliki tanggung jawab untuk memberikan keamanan bagi pelanggan tersebut. Pipa ini dapat rusak oleh     masalah keamanan,dan banyak masalah keamanan dapat
ditangani oleh ISP sebelum pelanggan ini pernah terpengaruh. Sebagai contoh,
mendeteksi, mengendalikan, dan mencegah serangan penolakan layanan pada pelanggan ISP
akan menjadi layanan nilai tambah yang besar.
Keamanan datang dalam berbagai bentuk untuk memasukkan standar BIG 3:
Kerahasiaan, Ketersediaan, dan Integritas (CIA).
Kerahasiaan ini, mereka bisa melakukan hal-hal untuk melindungi arsitektur internal mereka dan menjamin perlindungan di tempat untuk meminimalkan sistem mereka dari yang digunakan untuk mencegat dan memanfaatkan informasi yang melintasi  ISP
Ketersediaan ISP dapat mengambil langkah-langkah untuk koneksi membantu mencegah penolakan layanan dan masalah ketersediaan lainnya untuk klien. ISP mengakui adanya serangan lain pada ketersediaan atau denial of service attack, mereka bisa menjaga diri mereka sendiri secara operasional dan pelanggan mereka
Integritas sama seperti Kerahasiaan, ISP dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri dengan infrastruktur internal mereka,sehingga ISP tidak menjadi sumber masalah. Mereka juga dapat menawarkan solusi pelanggan untuk meningkatkan integritas pada jaringan pelanggan.
Kesimpulannya,Saya telah melihat kemajuan dari ISP bergerak menuju menyediakan fitur keamanan, opsi, dan solusi bagi klien mereka. Ada beberapa pertimbangan tanggung jawab etis dan bahwa ada uang yang akan dibuat dalam memberikan solusi keamanan untuk pelanggan.
ISP juga harus menawarkan nilai tambah rekomendasi keamanan dan solusi (baik pada biaya atau tidak) sehingga pelanggan memiliki pilihan. Dari sudut pandang komunikasi, ISP seharusnya tidak mencoba untuk menyembunyikan masalah keamanan, tetapi alamat mereka secara proaktif dan bila perlu bereaksi dengan drive dan keyakinan untuk menyelesaikan masalah keamanan. ISP juga dapat menjadi sumber untuk mendapatkan kata keluar pada isu-isu keamanan dan solusi.

Referensi : Northcutt, Stephen (2004). "IT Ethics Handbook" Christine Kloiber (Editor). Information Service Providers. Penerbit Syngress Publishing Inc. : Rockland

1 komentar:

  1. Harrah's Resort Atlantic City - MapyRO
    Find Harrah's Resort Atlantic City, Atlantic City, NJ 08401 United 부천 출장샵 States and 하남 출장안마 other tribal casinos 창원 출장안마 in realtime 보령 출장샵 at 태백 출장안마 MapYRO.

    BalasHapus