Minggu, 26 Mei 2013

Profesionalisme dan Etika Sistem Analis

PROFESIONALISME SISTEM ANALIS
Dalam suatu perusahaan atau organisasi sudah tidak asing lagi dengan analis sistem.Pastinya dalam perusahaan mempunyai beberapa sistem, nah sistem tersebut akan dirancang atau diteliti oleh ANALIS SISTEM.
Saya dengan artikel ini akan menjelaskan pengertian dari analis sistem. Jadi analis sistem adalah Seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian dan merekomendasikan pemilihan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan atau organisasi.Seorang analis sistem memegang peranan penting dalam proses pengembangan sistem dan juga harus memiliki keahlian khusus seperti :analisis, teknis, manajerial dan interpersonal.
TUGAS -TUGAS UMUM DARI SISTEM ANALIS :

  1. Mengumpulkan & menganalisis suatu formulir, dokumen , file yang berkaitan dengan sistem yang berjalan.
  2. Menyusun dan menyajikan laporan perbaikan (rekomendasi ) dari sistem yang berjalan kepada user.
  3. Merancang suatu sistem perbaikan dan mengidentifikasikan aplikasi -aplikasi untuk penerapannya pada komputer.
  4. Menganalisis & menyusun biaya-biaya & keuntungan dari sistem yang baru
  5. Mengawasi semua kegiatan dalam penerapan sistem yang baru.
Dalam suatu profesi pastinya memiliki etika-etika yang harus dilakukan agar pekerjaan tersebut bisa dikerjakan dengan baik dan memenuhi aturan-aturan yang berlaku Sebagai seorang analis sistem juga harus mempunyai etika dalam profesinya.

ETIKA SEORANG ANALIS SISTEM
Ada beberapa etika yang harus diterapkan sebagai seorang analis sistem, diantaranya :
  • Mampu berkomunikasi dengan baik yaitu pada saat berinteraksi dengan seorang pelanggan harus memahami kebutuhan yang diinginkan oleh pelanggannya, apa yang diminta dari pelanggan harus sesuai dan terpenuhi. Berinteraksi dengan desainer untuk mengemukakan antarmuka  yang diinginkan atas suatu perangkat lunak. Berinteraksi ataupun memandu seorang programer dalam proses pengembangan sistem agar tetap pada batasan-batasannya.
  • Mampu bekerjasama, pada saat analis sistem menjadi perantara atau penghubung antara perusahaan penjual perangkat lunak dengan organisasi tempat ia bekerja. Agar diantara kedua pihak tersebut bisa saling percaya harus dibutuhkannya kejujuran.
  • Bersikap tegas dalam memutuskan sesuatu, melakukan pengujian sistem baik dengan data sempel atau data sebenarnya untuk membantu para penguji. Di sini seorang analis sistem harus bertindak tegas dalam suatu pengujian sistem agar hasilnya pun berdampak baik juga.
  • Akurat dalam menjalankan proses analis system, pada saat melakukan studi kelayakan sistem komputer harus memiliki keakuratan yang tinggi untuk memutuskan apakah sistem komputer tersebut layak untuk digunakan.
  • Berfikir kreatif dalam pemecahan masalah ,bisa menyelesaikan masalah-masalah yang datang dengan melahirkan/menciptakan sistem yang baru dan lebih baik dari sistem sebelumnya. 
Jadi etika seorang analis sistem harus diterapkan dalam menjalankan profesinya agar setiap tugas-tugas yang dikerjakan bisa sesuai dan memenuhi aturan-aturan yang berlaku.Dan tidak hanya seorang analis sistem saja, apapun profesi yang kita jalani harus diikuti dengan etika-etika yang berlaku.

Referensi : Wikipedia (2013), Analis Sistem, http://id.wikipedia.org/wiki/Analis_sistem, 23 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar